Pages

Ads by Google

Feb 26, 2010

Kata "Penting"

Dalam segala hal yang dilakuakn, sering kali kita berkata "Ini penting". Dan kadang hal - hal yang tidak penting pun menjadi hal yang penting. entah itu penting dalam segi kesenangan ataupun penting dalam segi prioritas.

Buat rekan - rekan yang sudah membaca buku ttg manajemen waktu, psikology, maupun ikut seminar. Sering dijelaskan bahwa dalam melakukan sesuatu harus ada prioritas, dan rpioritas itu sendiri dibagi menjadi  4 bagian : penting & mendesak, penting tp tidak mendesak, tidak penting & mendesak, tidak penting & tidak mendesak.

Dan lucunya, sebagian besar orang lebih memilih, "tidak penting & tidak mendesak". Dan saya akui, dulu sebelum mepelajari hal ini, saya sering memilih "tidak penting & tidak mendesak", dan seiring dengan berjalannya waktu & melatih diri agar bisa melakuakan "penting & mendesak", diperlukan kerja keras, konsistensi dan keyakinan. Dan sekarang saya masih harus bergelut andata "keinginan" dan "kewajiban". Memang secara teori, sangat mudah. Saat diperkatekan lebih memerlukan usaha yang ekstra.

Ada juga teori tetang "80/20", dimana usaha yang dilakukan sebesar 80% tetapi hanya menghasilkan 20% dari usaha itu, dan juga 20% usaha yang dilakuakan menghasilkan 80% dari usaha. terlihat sangat mudah, tapi memerlukan pemahaman dan kesiapan dalam melihat apa yang 20% dan 80%, seperti pada penentuan prioritas 1 sampai 4.

Dan apakah Anda sudah mencobanya? Berhasilkah? kalau tidak apa yang menyebabakan hal itu tidak berjalan dengan baik? Hanya Anda yang tau jawabannya.

Mari kita menentukan hal yang menjadi prioritas utama dan melakukan 20% hal yang meghasilakn 80% dari usaha yang dibuat.

No comments:

Post a Comment